KI HAJAR DEWANTARA: SEJARAH DAN JASA-JASA PENDIRIAN TAMA KEMERDEKAAN INDONESIA

 

ki%20hajar
Ki Hajar Dewantara, atau bernama asli Raden Mas Soewardi Soerjaningrat, adalah seorang tokoh terkenal dalam sejarah Indonesia. Beliau dikenal sebagai pendiri Taman Siswa, sebuah lembaga pendidikan yang sangat berpengaruh dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Artikel ini akan membahas tentang sejarah hidup Ki Hajar Dewantara, jasa-jasanya dalam pendidikan di Indonesia, dan peran pentingnya dalam perjuangan kemerdekaan.

Sejarah Hidup Ki Hajar Dewantara

Ki Hajar Dewantara lahir pada tanggal 2 Mei 1889 di Yogyakarta. Beliau berasal dari keluarga bangsawan dan memiliki pendidikan yang cukup baik. Setelah menyelesaikan pendidikan di Belanda, Ki Hajar Dewantara kembali ke Indonesia dan mulai mengabdikan dirinya di bidang pendidikan.

Jasa-jasa Ki Hajar Dewantara dalam Pendidikan

Ki Hajar Dewantara sangat peduli dengan pendidikan dan percaya bahwa pendidikan adalah kunci keberhasilan suatu bangsa. Beliau mencoba merubah sistem pendidikan yang ada di Indonesia yang pada saat itu sangat terpusat di kota-kota besar dan hanya dapat dijangkau oleh kalangan bangsawan.
Pada tahun 1922, Ki Hajar Dewantara mendirikan Taman Siswa, sebuah lembaga pendidikan yang bertujuan untuk memberikan pendidikan kepada masyarakat luas, terutama masyarakat pedesaan. Lembaga ini menjadi sangat populer dan berkembang pesat di seluruh Indonesia.

Peran Penting Ki Hajar Dewantara dalam Perjuangan Kemerdekaan

Selain berperan dalam bidang pendidikan, Ki Hajar Dewantara juga memiliki peran penting dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Beliau aktif dalam organisasi-organisasi perjuangan seperti Sarekat Islam dan Partai Nasional Indonesia. Ki Hajar Dewantara juga menjadi anggota BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia), sebuah organisasi yang bertujuan untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia.

Penghargaan untuk Ki Hajar Dewantara

Berkat jasa-jasanya dalam bidang pendidikan dan perjuangan kemerdekaan, Ki Hajar Dewantara mendapatkan banyak penghargaan. Pada tahun 1959, beliau dianugerahi gelar Pahlawan Nasional oleh Presiden Sukarno. Selain itu, Ki Hajar Dewantara juga diabadikan namanya dalam mata uang rupiah, yakni dalam pecahan Rp20.000.
Kesimpulan
Ki Hajar Dewantara adalah tokoh penting dalam sejarah Indonesia yang memiliki jasa-jasa besar dalam bidang pendidikan dan perjuangan kemerdekaan. Beliau telah memberikan kontribusi yang sangat besar bagi kemajuan bangsa Indonesia. Semoga artikel ini dapat membantu memperkenalkan Ki Hajar Dewantara kepada masyarakat luas dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

More articles ―