Oleh : Nyai Idatun Nachriyah, S,H.I
Desa yang aku tempati sekarang. Tempat dimana suamiku dilahirkan dan dibesarkan. Kesederhanaan hidup, keramahan penduduk, lingkungan hijau, jalan yang meliuk-liuk dan berbatu, turut menyambut kedatanganku di Padasari 13 tahun silam. Pepohonan yang tampak hijau di sepanjang jalan, ikut serta menyemarakkan suasana jalan menuju Padasari. Sumber air melimpah yang ada di sekitar perumahan warga menjadi sumber daya alam yang sangat berharga, karena mayoritas penduduk Desa Padasari berpencaharian sebagai petani.
Seiring berjalannya waktu, sumber daya alam di Padasari kian berkurang, karena kepentingan segelintir orang yang membuka lahan untuk bercocok tanam dengan melakukan penebangan liar. Bukit dan hutan yang mengelilingi desa menjadi gundul, akibatnya sumber air berkurang ketika musim kemarau, udara panas, serta terjadi longsor di sana-sini.
Sosialisasi terkait penghijauan di Padasari terus dilakukan, dengan tujuan masyarakat sadar akan pentingnya kelangsungan hidup manusia yang sangat bergantung pada alam. Upaya pemuda untuk menghijaukan Padasari, bekerjasama dengan berbagai pihak, serta dukungan dari pemerintah Desa Padasari, mengajak masyarakat untuk berbenah diri dengan menyediakan puluhan ribu bibit pohon, yang dibagikan kepada masyarakat secara cuma-cuma, untuk ditanam di lahan masing-masing.
Organisasi Trill Adventure Padasari (TAP), yang bekerjasama dengan Pondok Pesantren AL-ADALAH serta pemerintah desa setempat mengadakan acara penanaman 1000 pohon setahun yang lalu. Ikut hadir dalam acara tersebut kepala-kepala Dinas terkait, seperti Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kehutanan, serta Dinas-dinas lain yang tidak bisa disebutkan satu persatu. Tak ketinggalan pula aktivis-aktivis lingkungan hidup lainnya. Acara tersebut melibatkan seluruh santri Pondok Pesantren AL-ADALAH, Siswa-siswi dari seluruh lembaga Pendidikan yang ada di Desa Padasari, dari mulai PAUD, TK, SD, MI, SMP, SMK, serta seluruh masyarakat padasari turut serta menanam pohon di sepanjang jalan serta hutan di sekitar Padasari.
Keeksotisan alam yang masih natural di Desa Padasari sangat disayangkan, apabila ada oknum yang tidak bertanggung jawab merusak ekosistem alam yang ada. Semoga usaha warga Desa Padasari untuk menjaga sumber daya alam dapat berbuah manis, sehingga generasi muda dan anak cucu masih dapat menikmati hasil alam dengan baik. Besar harapan suatu saat nanti, masih tersisa waktu untuk menikmati hijaunya alam Padasari.